Protes Bank Amerika 24 Orang Ditangkap
4:49 PM | Author: Fajar Rv
Tidak hanya di Wall Street, New York, warga Amerika Serikat juga melakukan aksi protes terhadap bank terbesar di Amerika. Sebanyak 24 orang ditangkap pada hari Jum'at (30/09/2011), selama aksi protes anti penyitaan di depan gedung kantor pusat Bank of America di pusat kota Boston.

 
Menurut penyelenggara, beberapa ribu orang turun ke Jalan Federal untuk menunjukkan dukungan kepada para pemilik rumah yang mengalami penyitaan. Sebagian melakukan aksi duduk di ruangan lobi bank terbesar di Amerika Serikat itu. Mereka mendesak agar bank tersebut membantu para pemilik rumah menyelematkan aset propertinya.

Polisi menangkap puluhan orang, setelah mereka menolak perintah meninggalkan gedung. Orang-orang yang ditangkap akan dijerat dengan pasal penerobosan.


Kepolisian Boston enggan memperkirakan berapa jumlah orang yang ikut serta dalam aksi protes itu.


Pengunjuk rasa dikoordinasi oleh koalisi beberapa kelompok aktivis yang menamakan dirinya Right to the City Alliance. Mereka menginginkan agar bank memperlunak kreditnya kepada para nasabah, dengan cara mengubah neraca hipotek mereka.


Koordinator demonstran di awal mengatakan bahwa sejumlah pengunjuk rasa mungkin akan berusaha untuk ditahan polisi guna menunjukkan ketidakpatuhan sipil.


"Jumlah yang datang hari ini sungguh mengesankan," kata Jason Stephany, jurubicara kelompok MassUniting. "Ini baru percobaan menguji situasi. Orang-orang disakiti. Ini hanyalah langkah pertama dari sebuah perjalanan panjang."


TJ Crawford, jurubicara Bank of America mengatakan, para pengunjuk rasa secara tidak adil menarget pemberi pinjaman, yang dikatakannya telah berusaha keras menolong para pemilik properti mengubah pinjaman mereka agar tidak diusir dari rumahnya.


"Orang-orang ini memilih untuk mengabaikan fakta, dan malah melakukan aksi mencari perhatian," kata Crawford.
This entry was posted on 4:49 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: