Jamaah Haji Mulai Berdatangan
9:20 AM | Author: Fajar Rv
Penerbangan asal Turki yang membawa 300 jamaah haji mendarat di Bandara Internasional Pengeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Kamis (29/9/2011) dini hari. Mereka menjadi jemaah haji pertama lewat udara yang tiba di kota suci itu.

Kemudian di akhir pekan ini, sebanyak 284 jamaah haji asal Thailand selatan yang dipimpin Ismaai Ali tiba di Jeddah.

Menurut Muhammad bin Abdul Rahman Al Bijawi, direktur Kementerian Haji di Madinah, penerbangan pertama dari Turki itu disusul dengan 51 penerbangan lain, yang membawa sekitar 15.000 calon haji dari Turki ke kota Madinah.

Kepada harian Al Watan, Al Bijawi mengatakan bahwa sekitar 500.000 jamaah diperkirakan akan tiba lewat jalur udara di Madinah pada musim haji tahun ini. Sebanyak 400.000 jamaah akan tiba di Madinah dengan menggunakan bus dari Jeddah dan Makkah, sementara dari negara-negara tetangga diperkirakan 80.000 orang.

Direktur bandara di Madinah Abdul Fattah Ata mengatakan, tiga ruang tunggu khusus haji sudah dipersiapkan untuk menerima kedatangan jamaah dari luar negeri. Sementara untuk kedatangan jamaah domestik disediakan empat ruang tunggu. Sebuah ruangan baru untuk kedatangan luar negeri akan dioperasikan mulai Selasa depan.

Thai International Airways yang mengangkut jamaah haji Thailand ke Jeddah, mengoperasikan 24 pesawat sewaan tahun ini. Jumlah jamaah asal negeri gajah putih itu berjumlah 13.000 orang.

Sementara itu, kelompok terbang jamaah asal Afrika tiba di Bandara Internasional Raja Abdulaziz Jeddah pada hari Rabu. Rombongan itu terdiri dari 184 warga Afrika Selatan. Selanjutnya pada hari Kamis, 163 jamaah datang menyusul. Sebanyak 38 orang tiba pada hari yang sama di Madinah.*

Keterangan foto: Rombongan pertama jamaah haji asal Thailand yang tiba di Jeddah.
This entry was posted on 9:20 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: